Kecelakaan Beruntun di GT Kalikangkung Akibat Rem Blong Bus Kramat Jati

Semarang (28/12/2019) – Telah terjadi kecelakaan beruntun di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Km 414 Jalan Tol Batang-Semarang yang melibatkan dua kendaraan bus dan satu kendaraan Innova pada hari Sabtu (28/12) pukul 20.10 WIB. Segera setelah kecelakaan, petugas PT Jasamarga Semarang Batang (PT JSB) selaku pengelola Jalan Tol Batang-Semarang, Polisi Jalan Raya (PJR) serta petugas pemadam kebakaran langsung mengevakuasi korban dan melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian.

Kecelakaan beruntun tersebut dipicu oleh kendaraan Bus Kramat Jati dengan nomor Polisi B 7450 TGA yang mengalami rem blong sehingga hilang kendali dan menabrak bagian belakang bus PJT yang ada di depannya dan sedang melakukan transaksi (tapping) di akses masuk / entrance Gardu No. 13 GT Kalikangkung.

Bus PJT kemudian terdorong hingga oleng ke kanan dan menabrak water barrier serta kendaraan Innova dengan nomor Polisi H 732 UK hingga masuk parit. Kecelakaan ini mengakibatkan dua bus tersebut terbakar.

Bersama dengan pihak Kepolisian dan Petugas Pemadam Kebakaran, Petugas PT JSB langsung menolong dan mengevakuasi korban.

Hingga saat ini PT JSB memonitor akibat kecelakaan lalu lintas tersebut, terdapat 1 korban luka berat dan beberapa korban luka ringan yang saat ini masih dalam tahap pendataan. Seluruh korban dibawa ke rumah sakit terdekat, yaitu di RS Tugu Semarang.

Tepat pada pukul 21:20 WIB api sudah berhasil dipadamkan dan lalu lintas sudah kembali normal.

PT JSB mengimbau kepada seluruh pengguna jalan baik pengusaha angkutan umum maupun kendaraan pribadi untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum memulai perjalanan. Kendaraan yang tidak layak operasi akan berakibat fatal dalam perjalanan dan merugikan pengguna jalan lainnya, seperti kasus rem blong yang tidak berfungsi maksimal dalam kejadian ini. PT JSB juga menegaskan kepada pengguna jalan untuk beristirahat jika lelah ataupun mengantuk dengan memanfaatkan rest area, terutama bagi pengguna jalan yang menempuh perjalanan panjang.

Untuk mendapatkan info terkini di jalan tol, pengguna jalan tol dapat mengakses kanal informasi resmi Jasa Marga, yaitu:
– Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080
– PIK JSB 082 229 229 129
– Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan
@official_JSMR (untuk informasi umum lainnya).
– Instagram @official.jasamarga
– Aplikasi Mobile JMCARe.
– Website http://www.jasamarga.com

Check Also

Penyekatan di Gerbang Tol Kalikangkung, Jasamarga Semarang Batang tetap Maksimalkan Pelayanan Arus Mudik dan Balik 2021

Semarang (05/05) – Pada arus mudik tahun ini (1442 H / 2021 M) Meskipun ada …